Selasa, Maret 24

Pulau Kelor - Cipir - Onrust

Hai semua! Kali ini gue mau berbagi cerita gue
22 Maret 2015! Gue dan keluarga gue ke 3 pulau bersejarah di kepulauan seribu , yaitu pulau kelor , cipir & onrust. Nah perjalanan di mulai dari Muara Kamal. Pasti jarang denger ya? Gue jua rada kaget ternyata meeting point nya di muara kamal.
Muara kamal ini letaknya di daerah penjaringan jakarta utara kamal muara. Ini tuh tempat pelelangan ikan gitu dehhh. Nah buat sampe kesini gampang bgt nih , masuk tol aja , keluar tol kamal 1 , lurus terus sampe ada putar balik terus ke kiri (jangan masuk tol lagi ya) hahahaha. Dari situ lurus terus ikutin jalan dan sampe ketemu pertigaan belok kanan , lanjut lurus sampe ujung. Buat yg pagi-pagi makin keujung makin rame karena itu pasar ikan , buat yg pake taxi gak bisa sampe ujung , buat yg bawa mobil , parkirnya rada susah. Nah kalau buat yg pake sepeda motor bisa lanjut terusss , lurus terus nanti ada gang yg lumayan kecil , lurus sampe ada mesjid yg atapnya warna hijau, parkir disitu aja , itu udah sampe tandanya!
Keadaan muara kamal ya gitu deh , namanya juga muara , tempat pelelangan ikan juga , ya bau ikan hehehe. Nah perjalanan dari muara kamal ke 3 pulau tersebut , pake perahu tradisional yg muat kira2 25 orang , tapi tenang aja , gak ngedayung kok hahahaha.
Dari pinggir dramaga buat naik ke perahunya rada serem sih , harus lewatin jembatan bambu gitu(cuma 3 batang bambu).
Sepanjang perjalanan menuju pulau , banyak tambak-tambak ikan gitu , udah gitu banyak burung-burung lucu yg lagi cari ikan untuk kelangsungan hidupnya , yg doyan jeprat jepret , itu bisa jadi objek yg keren!!
Pulau pertama yaitu pulau Kelor , pulau nya kecil walaupun tak sekecil daun kelor hehehe , pasir nya putih & yg jadi sorotan adalah adanya Benteng , kalau gak salah namanya Benteng Martelo.
Pulau kedua yaitu pulau Cipir , di pulau tersebut juga sama , pasirnya putih , nah kalau di pulau ini ada warung hahaha bisa jajan & harganya juga standar , yg jadi sejarahnya di pulau cipir ini , adanya bekas bangunan rumah sakit gitu nih
Nah dan yg terakhir adalah pulau Onrust , pulaunya gak jauh dari pulau cipir , sebrang-sebrangan gitu deh , pulau ini punya mushola , punya kicir angin mini , punya museum , bekas asrama haji (dulu kalau yg mau pergi haji di asramakan dulu disini) , ada makam belanda & ada makam Kartosoewirjo.

Segitu aja ya ceritanya eheehehee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar