Sabtu, Februari 22

Perasaan dan Logika



Sebelumnya selamat datang dan selamat membaca lagi di blog gue. 

Banyak yang bilang kalau cewek lebih pake perasaan sedangkan cowok lebih pake logika. Gue sempet baca di blog dhanuakbar.blogspot.com jadi di salah satu artikel di blog itu gue baca , menurut penjelasan para ahli psikologi membedakan pria dan wanita dari otaknya. Dalam otak wanita, lebih banyak serat penghubung dan serat ini lebih besar dibanding yang terdapat pada otak pria. Hal ini membuat wanita memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan kedua sisi otak secara bersamaan. Sehingga wanita lebih pandai berbicara, open minded juga lebih pandai menjalin hubungan atau berinteraksi dengan individu lain. Tetapi, wanita cenderung menggunakan emosi ketika memproses informasi dan saat berkomunikasi.Tidak mengherankan bukan, kalau wanita bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus seperti berbelanja di tukang sayur sambil bergosip ria atau memasak sambil menelepon.Sebaliknya, pria memiliki kecenderungan lebih banyak menggunakan sisi kiri otaknya. Dengan demikian, mereka lebih banyak menggunakan logika dan pemikiran rasional.
Masih di blog dhanuakbar.blogspot.com dan artikel yang sama dengan yang gue kutip diatas , gue bener-bener setuju banget sama tulisan dia di paragraf terakhir artikel tersebut  Logika adalah sisi lain yang menemani langkah fitrah perasaan, ibarat kita sedang naik sebuah kendaraan. Perasaan adalah gas penambah kecepatan kendaraan kita maka logika akan bekerja sebagai remnya. Dengan adanya logika kita jadi bisa berpikir panjang tentang semua efek dan kemungkinan yang baik ataupun yang buruk tentang pilihan hidup kita. Dari logika lahir pertimbangan, analisa, perencanaan hingga kehati – hatian.Setelah perasaan dan logika maka kita perlu mesin penggerak jiwa yang lain. Dialah hati kita. Perasaan lahir karena sentuhan hati begitu juga logika yang berprasangka baik lahir karena hati yang jauh dari penyakit. Pastikanlah sebelum kita membuka perasaan kita, sebelum kita mengejewantah dalam setiap pertimbangan cinta kita, pastikan bahwa hati kita dalam posisi yang bersih dan netral. Tidak berpihak pada pengharapan untuk memiliki, tidak juga skeptis dan merasa tidak layak untuk memiliki. Perasaan dan logika ibarat dua sisi timbangan, maka hati adalah tiang penyeimbangnya. Jika ia sedikit bergeser ke kanan, maka sisi kiri akan terasa lebih berat begitu juga sebaliknya.”

Gue juga baca dari spiko-logi.blogspot.com ,
Sebenarnya logika dan perasaan itu saling terkait.. mana yang lebih dominan.. maka itulah yang menang dan ikut mempengaruhi yang lain.
Kenapa sahabat merasa cinta,sayang,bete,murung,bosan,gelisah,senang dll , jawabnya Pasti karena perasaan.
Logika berperan sebagai pertimbangan. .akhir dari semua keputusan. Jika logika telah mengambil keputusan maka barulah keputusan itu Bulat , yang menggerakan semua jiwa dan raga sahabat terhadap sesuatu.
misalkan logika mengatakan Tidak menerima suatu kejadian maka perasaan akan ikut mengatakan tidak dan menjadi Benci trhdp kejadian tersebut. tak mungkin perasaan cinta atau menerima jd senang lagi jika logika tetap mengatakan tidak menerima.
Jika Perasaan mengatakan menerima suatu kejadian (cinta/senang) dan logika mengatakan tidak menerima , perasaan menerima ( cinta atau sayang) tersebut akan berubah menjadi tidak menerima (benci).
tetapi jika logika terpengaruh dengan perasaan sehingga logika KITA akan ikut menerima kejadian trsbt (cinta/senang)
Perlu di garis Bawahi "Logika Sahabat sendiri" bukan logika menurut orang lain.
contoh konkrit : Saya tetap cinta walaupun dia telah selingkuh,Menyakitkan hati, terus berbohong..pokoknya melakukan hal yang tidak anda sukai.
Sahabat mengatakan hal Karena perasaan telah terpikat bukan!? dan saya bodoh, telah digituin masih saja Cinta..
Menurut logika orang lain emang seharusnya tidak perlu menerimanya lagi.
tetapi karena Logika Sahabat sendiri yang telah menerima dan memafkanya
so..
Hal tersebutlah yang membuat Sahabat Masih Cinta Sayang dll..
Kesimpulanya : Logika Adalah Hal Akhir yang membuat Suatu Keputusan pada Diri Individu.
Saran : Logikakanlah setiap yang Nyata dan
Pengaruhilah logika dengan perasaan Anda terhadap sesuatu hal Gaib..
karena yang Gaib itu tak bisa dilogikakan”

Nah gimana? Udah dari 2 sumber yang gue kutip disini. Mudah-mudahan bermanfaat buat semuanya yang baca. Atau kalian punya pengertian sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar